Mengenal Cat Pelapis Anti Bocor (Waterproof) dan Cara Menggunakannya pada Bangunan Rumah

Mengenal Cat Pelapis Anti Bocor (Waterproof) dan Cara Menggunakannya pada Bangunan Rumah

Rembesan pada dinding atau atap beton bangunan adalah masalah yang umum terjadi saat musim hujan. Salah satu penyebabnya adalah kualitas material bangunan yang kurang baik. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan cat pelapis anti bocor atau waterproof sebagai solusinya.

Pada umumnya, rembesan air pada bangunan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kemiringan atap atau celah pada bagian yang menembus tembok hingga curah hujan yang sangat tinggi bisa menjadi penyebab dinding menjadi basah. Namun, cara pertama mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa mengaplikasikan cat waterproof pada dinding rumah.

Apa itu Cat Pelapis Anti Bocor ( Waterproof )

Cat waterproof atau cat pelapis anti bocor biasanya diaplikasikan pada bagunan rumah sebagai pencegahan terjadinya kebocoran atau rembesan air pada bangunan. Cat ini menggunakan bahan pelapis dengan campuran minyak, lateks, dan concrete base yang berfungsi untuk mencegah air menembus permukaan dinding. Harapannya, penggunaan cat pelapis anti bocor ini bisa membuat airmengalir ke bawah dan tidak merembes ke permukaan dinding.

Selain sebagai lapisan anti air dan anti kebocoran, penggunaan cat waterproof juga memiliki banyak manfaat lain, diantaranya:

 

  1. Mencegah Munculnya Jamur

Selain anti rembes dan bocor, cat waterproof juga bermanfaat mencegah munculnya jamur. Lembabnya dinding akibat rembesan air seringkali membuat jamur tumbuh. Hal ini pun dapat berakibat tembok menjadi cepat rusak. Oleh karenanya, dengan penggunaan cat waterproof, kelembaban tembok lebih terjaga.

 

  1. Mudah Dibersihkan

Manfaat selanjutnya adalah cat waterproof bisa membuat dinding atau bagian bangunan tersebut mudah untuk dibersihkan. Noda-noda yang melekat seperti bekas minyak, pewarna (krayon atau pensil) bisa dibersihkan dengan mudah. Dengan sifatnya yang tidak menyerap air, Anda tidak perlu risau jika ada noda yang menempel pada dinding yang dilapisi cat waterproof. Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan air sabun dan sikat.

 

  1. Bisa Melapisi Bagian Dak Rumah

 

Cat waterproof tidak hanya bisa diaplikasikan pada dinding rumah bagian dalam dan luar tetapi juga dak rumah. Dak merupakan cor beton yang menjadi pembatas antara lantai bawah dan atas. Untuk menghindari rembesan air, bagian ini juga bisa dilapisi dengan cat waterproof.

Cara Menggunakan Cat Waterproof

Setelah kita tahu apa itu cat waterproof dan manfaatnya, lantas bagaimana cara pengaplikasiannya? Berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan cat waterproof pada dinding rumah.

  1. Rapikan Permukaan Dinding

Sebelum mengaplikasikan cat waterproof, rapikan terlebih dahulu permukaan dinding yang akan dicat. Bersihkan permukaannya dari debu, minyak ataupun cat yang menempel sebelumnya. Setelah dibersihkan, pastikan dinding tidak dalam keadaan basah atau kering sebelum dicat kembali.

  1. Mengecek Retakan

Supaya hasil lebih maksimal, Anda harus merapikan bagian-bagian yang mengalami keretakan pada dinding atau atap yang akan dicat. Bila terdapat retakan, tutup dengan semen atau sealant supaya tidak tidak ada lagi celah atau retakan. Setelah benar-benar kering barulah lapisi dengan cat waterproof. Hal ini tentunya akan membuat pengaplikasian cat waterproof lebih efektif.

  1. Lapisi Cat Waterproof dengan Benar

Untuk tahap pengecatan, Anda bisa persiapkan alat bantu seperti roll ataupun kuas. Langkah pertama, Anda bisa mengencerkan lebih dulu cat dengan air dengan perbandingan yang sudah di tetapkan. Tujuannya agar saat dipoles cat dapat menyatu dengan bagian dinding atau atap. Setelah kering, Anda bisa memoles lagi dinding dengan cat waterproof sebagai lapisan kedua. Pada lapisan ke dua dan berikutnya, gunakan cat waterproof tanpa campuran agar dinding lebih tahan air dan tidak lembap.

Itulah informasi mengenai manfaat & cara pengaplikasian cat waterproof terhadap permukaan dinding. Untuk memberikan kenyaman pada properti Anda, cat pelapis anti bocor Roofseal dari TOA Paint hadir dengan jaminan kualitas dan keamanan terbaik. Roofseal merupakan pelapis anti bocor jenis waterproofing acrylic water-based. Cat ini sangat mudah diaplikasikan pada dinding vertikal maupun horizontal. Roofseal tersedia dalam beberapa warna favorit dan ukuran kemasan. Untuk informasi lengkap tentang produk TOA Paint dan promo harga, Anda dapat kunjungi TOA Acrylic Wall Putty dan @toapaintindonesia

 

Share this Post: